Mengatasi Kejenuhan Saat Bekerja

Pernahkah anda merasa pekerjaan anda mulai terasa menyebalkan karena besarnya tekanan yang anda peroleh saat bekerja? Mungkin anda mulai merasa klien anda semakin rewel dan
cerewet, bos anda mulai bertingkah sangat menyebalkan dengan terus-menerus tidak puas
dengan pekerjaan atau bahkan mencela hasil kerja anda. Anehnya, hal tersebut baru terjadi
belakangan ini. Mungkin ini pertanda anda mulai mengalami apa yang dinamakan burnout atau
yang biasa kita sebut dengan kejenuhan (yang biasanya disebabkan oleh stres). Jangan
dianggap enteng lho, salah-salah bukan hanya pekerjaan tapi juga kesehatan anda yang
terganggu.

Ada beberapa aktivitas yang cukup efektif untuk mengatasi kejenuhan ini :

  1. Nikmati kehidupan di luar pekerjaan
    Jangan campuradukkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Saat anda mempunyai
    waktu luang/libur, nikmatilah dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu saat kembali
    kerja, mudah-mudahan anda akan kembali bersemangat.
  2. Buat kesalahan kecil
    Berbuat salah bukan berarti dunia kiamat, jadi jangan ragu-ragu. Sesekali buatlah
    kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan (tapi jangan dalam hal-hal penting, salah-salah
    nanti anda malah dipecat!) yang mungkin terlihat lucu atau bodoh di mata orang lain.
    Secara tidak langsung, hal ini akan merangsang kreativitas dan imajinasi anda dalam
    bekerja. Plus, tantangan baru akan tercipta.
  3. Bicarakan dengan rekan kerja anda
    Kehidupan di metropolitan membuat seseorang menjadi cenderung individualis. Seringsering
    deh hang-out atau makan siang bareng dengan rekan-rekan kerja anda. Siapa
    tahu dengan ngobrol dengan rekan kerja, anda bisa menemukan solusi masalah. Bukan
    tidak mungkin rekan kerja anda pernah mengalami masalah yang sama dengan yang
    anda alami saat ini.
  4. Meditasi
    Semakin cepat anda bekerja, semakin mudah anda terserang stres. Untuk
    mengatasinya, selalu bawa kertas dan pensil untuk mencatat kejadian-kejadian yang
    membuat anda stres di sepanjang hari kerja. Kemudian setelah tiba di rumah, coba
    anda duduk dan renungkan hal-hal apa saja yang telah terjadi hari ini selama 5 sampai
    15 menit.
  5. Kenali diri sendiri
    Maksudnya di sini adalah mengenal bagaimana diri anda bereaksi saat bekerja dalam
    tekanan. Untuk mengetahuinya, tanyakan pada orang-orang yang mengenal anda
    dengan baik. Jangan merasa putus asa, ingatlah bahwa tidak ada masalah yang tidak
    dapat diselesaikan. Bila anda sudah mempunyai pemahaman ini, maka mengatasi
    masalah akan lebih mudah.
  6. Stres karena pekerjaan atau hal lain?
    Apakah anda merasa kesal karena tekanan yang anda alami di kantor atau bawaan dari
    masalah di rumah yang tidak terselesaikan. Dengan mengenali penyebab stres, maka
    akan lebih mudah menemukan jalan penyelesaiannya.
  7. Pertolongan tenaga profesional
    Seandainya anda tetap tidak bisa menemukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi
    problema anda, ada baiknya anda menemui konselor/psikolog yang memang memiliki
    kemampuan untuk mengatasi hal- hal seperti ini. Jangan takut dianggap aneh, ini jaman
    modern mas/mbak!

0 komentar:

Posting Komentar