6 Jawaban Jitu Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja memang beragam. Untuk yang belum bekerja materi wawancara biasanya seputar pertanyaan mengapa adan memilih kerja ini? Anda tahu lowongan ini dari siapa, serta kemampuan yang ada miliki. Tapi, bakal berbeda ketika anda sudah memiliki banyak pengalaman kerja. Beberapa ertanyaan yang akan anda hadapi terkadang sering menyulitkan untuk dijawab.

Tapi, menghadapi problem seperti ini anda tidak perlu merasa risau atau terus “berkeringat”. Biasanya ada pertanyaan standar yang akan diajukan ke anda. Dan, kita tinggal menyiapkan jawaban pas yang tentunya tidak terlalu menyulitkan. Asal, tentu saja, kita tetap tenang saat wawancara.
Nah, berikut beberapa pertanyaan standar yang biasanya muncul itu dan standar jawaban yang harus anda lakukan.
1. “Apa kekuatan dan kelemahan Anda ?” Untuk menjawabnya,
usahakan untuk menekankan kekuatan Anda yang sesuai dengan uraian pekerjaan yang baru ini. Samarkan kelemahan Anda dan coba untuk membuat kelemahan tadi menjadi sesuatu hal yang kelihatan positif.
2. “Apa yang menyebabkan Anda tertarik pada pekerjaan baru ini ?” Nah, jawaban yang terbaik, tunjukkan bahwa Anda mengenal perusahaan ini dengan baik dan akan memberikan kontribusi yang berarti dalam beberapa proyek yang relevan dengan pekerjaan Anda di sini nantinya.
3. “Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda 1 tahun mendatang ?” Jawaban pertanyaan ini dengan cara, gambarkan bahwa Anda sangat bersemangat dalam meniti karir di perusahaan ini dan bukan tak mungkin kalau suatu saat nanti Anda akan menjadi seseorang yang cukup diperhitungkan dalam perusahaan ini.
4. “Seberapa jauh Anda mengenal perusahaan ini ?” Untuk ini, jabarkan pengetahuan Anda tentang perusahaan ini , seperti ; tahun didirikan, produk yang dihasilkan, jasa yang diberikan dll.
5. “Apa yang akan Anda kontribusikan pada perusahaan ini jika Anda sukses nantinya ?” Untuk pertanyaan ini, tunjukkan rasa antusias Anda dengan memberi contoh apa saja yang telah Anda capai di pekerjaan sekarang, misalnya ; prestasi yang pernah dicapai, bertambahnya kemampuan dll. Kesemua ini menunjukkan betapa berharganya diri Anda dengan berbagai prestasi yang Anda telah capai sehingga dapat memberi ‘keuntungan’ pada perusahaan.
6. “Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan yang sekarang?” Jawaban untuk pertanyaan terakhir ini memang harus hati-hati. Tapi yang penting, jangan pernah mengkritik dan menjelek-jelekkan tempat kerja Anda yang sekarang. Coba beri alasan yang netral seperti ; ada restrukturisasi atau divisi Anda mengalami penurunan produktifitas dll.

resource : rila.wordpress.com

0 komentar:

Poskan Komentar