Membuat Resume Desainer Web

taken from : designmagz.com

Bila Anda adalah desainer Web yang telah lama berkiprah, atau Anda mulai menekuni dunia desain, ada satu hal yang tak kalah penting yang harus Anda perhatikan; Resume. Resume adalah riwayat perjalanan Anda dalam berkarir, jadi secara ringkas orang akan mendapatkan gambaran tentang Anda dalam resume yang Anda buat. Bila Anda seorang desainer Freelance dan mencari proyek atas nama pribadi, resume merupakan penunjang dari nilai jual atas karya Anda. Dengan resume yang baik, calon klien akan merasa teryakinkan. Resume juga berperan sangat penting bila Anda melamar pekerjaan, perusahaan akan mendapat gambaran apa, siapa, dan bagaimana Anda dalam bidang yang Anda geluti.

Lalu, apa saja yang harus Anda cantumkan dalam resume seorang desainer Web? Beberapa poin dibawah mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membuat resume.



okuskan Arah Resume
Dalam membuat resume seorang desainer Web, pastikan hal-hal yang ingin Anda tonjolkan adalah dalam bidang tersebut. Walaupun bidang lain akan menjadi nilai tambah, hindarkan kesan Anda adalah sebagai orang segala bisa. Bila terlalu memperlihatkan bahwa Anda menguasai banyak hal, apalagi mengada-ada, kelak hal ini akan merugikan Anda sendiri mengingat di Indonesia cakupan kerja desainer Web di sebuah perusahaan masih belum profesional, misalnya, masih banyak perusahaan yang meminta desainer “plus”, plus bisa programming, networking, admin server, dan lain-lain.

Cantumkan Prestasi dan Kebanggan Anda
Punya prestasi atau kebanggan dalam desain Web? Hal ini bisa jadi faktor penunjang dari karir kerja Anda, cantumkanlah tanggal, even, dan prestasi yang Anda raih. Prestasi kerja pada perusahaan yang terdahulu pun dapat Anda tambahkan. Misalnya:
2001: Juara 1, Lomba desain banner Master Web.
2002: Desain Web terbaik Master Web Indonesia, untuk PT…

Riwayat Pendidikan, kursus, atau workshop
Riwayat pendidikan, kursus, atau workshop bermanfaat untuk memberikan gambaran pengetahuan yang Anda miliki. Bila Anda telah sering mengikuti workshop atau kursus, tidak usah ditulis seluruhnya karena akan terkesan “orang kursusan”, cukup tampilkan yang dapat menunjang profesi Anda.

Pengalaman Organisasi
Apakah Anda adalah orang yang dapat diajak bekerjasama dalam sebuah tim? Gambaran tentang hal ini diperoleh dari penuturan keterlibatan Anda pada sebuah organisasi baik itu organisasi yang Anda ikuti pada masa sekolah atau kuliah, Organisasi kemasyarakatan, atau sosial. Sebutkan posisi atau jabatan yang Anda pegang.

Sebutkan kemampuan Anda
Deskripsikan kemampuan Anda dalam hal Desain Web baik secara teknis seperti penguasaan software dan hal lainnya. Kemampuan ini dapat menjadi gambaran utama apakah Anda memenuhi kriteria atau tidak.

Pengalaman Kerja
Pengalaman Kerja dapat menjadi pertimbangan yang sangat berharga, orang yang telah atau pernah bekerja, biasanya memiliki pengalaman lebih pada bidang desain Web. Batasi jumlah pengalaman kerja Anda, cukup tampilkan pengalaman kerja pada perusahaan yang menurut Anda pantas dibanggakan. Bila terlalu banyak menampilkan pengalaman kerja, bisa-bisa Anda disebut kutu loncat.

Hobi dan Ketertarikan
Hobi dan ketertarikan merupakan expresi dari jiwa Anda, orang dapat menilai Anda dari hobi dan ketertarikan Anda akan suatu hal.


0 komentar:

Posting Komentar